Thursday 21 April 2011

Film Andalan Oscar: The King's Speech dan Black Swan

Penghargaan Oscar selalu menjadi pusat perhatian para pecinta film, kuhususnya film Hollywood. Nah untuk tahun 2011 ini, giliran film The King's Speech dan Black Swan yang berjaya. Kenapa ya film-film tersebut bisa menang??? kita bahas yuk....

Film The King's Speech yang dilatarbelakangi plot sejarah Bangsa Inggris berhasil dinobatkan menjadi Film Terbaik dan pemeran utamanya pun, Colin Firth berhasil menjadi Aktor Terbaik. Waktu pertama kali nonton film ini, aku pikir bakalan boring soalnya plotnya drama banget. Tapi setelah ngikutin jalan ceritanya, asli...KEREN banget.... selain itu keterlibatan aktor dan aktrisnya juga luar biasa. Sebut saja Helena Bonham Carter, pemeran Belatrix Lestrange dalam film Harry Potter, dalam The King's Speech, Helena berperan sebagai Istri King George VI sang pemeran utama. Peran Helena bagus banget, kita bisa melihat peran seorang istri mempunyai pengaruh yang besar dalam keluarga, dia terus menyemangati King George VI untuk terus kuat ketika menghadapi saat-saat tersulitnya, yaitu berbicara didepan orang banyak, padahal saat itu dia mengalami kesulitan berbicara a.k.a gagap. 

Bahkan sang istri yang mencarikan therapist hebat untuk King George VI. Sang therapist, Lionel Logue,  diperankan oleh Geoffrey Rush (yang juga berperan sebagai Kapten Barbossa dalam film Pirates of Caribbean), heu bertabur bintang banget gak sih ni film... :) .. 

lanjut lagi... nah Lionel berusaha untuk menyembuhkan King George VI, dengan metode yang tidak biasa, bahkan mereka berdua berteman. Pelajaran yang bisa kita ambil lagi, hebatnya kekuatan friendship yang bisa membuat seseorang lebih percaya kepada dirinya sendiri untuk menunjukan kalau dirinya bisa melalui saat-saat sulit dan berhasil melewatinya bersama-sama. Film ini touchy banget loh..bannyak banget aspek-aspek yang menarik seperti keadaan keluarga kerajaan pada jaman dulu. Jadi film ini worth banget menang Oscar, Colin Firth juga memerankan peran King George VI dengan sangat natural juga powerful. 

Setelah The King's Speech, film yang juga cukup menarik perhatian adalah Black Swan, dengan Natalie Portman sebagai pemeran utama, yang memerankan tokoh Nina Sayers, seorang gadis yang menghabiskan waktunya menjadi seorang balerina. Nina sangat terobsesi pada sebuah peran dalam pertunjukan balet Swan Lake, dalam Swan Lake dia harus berperan sebagai White Swan dan Black Swan, awalnya Nina cocok sekali memerankan White Swan yang baik hati, seiring dengan berjalannya waktu, Nina berubah dan lebih menunjukan sifat Black Swan yang kuat dan jahat.

Film ini juga disebut-sebut sebagai film thriller psikologi, karena perubahan sikap yang dialami oleh Nina yang disebabkan karena obsesi yang berlebihan pada peran pertunjukan Swan Lake. Ternyata obsesi yang berlebihan pada sesuatu akan membawa pengaruh buruk tidak hanya pada diri kita sendiri tapi juga untuk orang disekitar kita, seperti Nina yang akhirnya tidak hanya melukai dirinya sendiri tapi juga melukai Mamanya. Natalie Portman memerankan Nina dengan sangat bagus, dia berubah-rubah..terkadang menjadi White Swan yang baik, terkadang dia menjadi Black Swan yang liar dan jahat. Itulah kenapa dia berhasil memenangkan Piala Oscar sebagai Aktris Terbaik.

0 comments:

Post a Comment