Saturday 29 September 2012

JYJ from DBSK

http://cassieshawol.files.wordpress.com/2011/10/jyj6.jpg 

Akhir-akhir ini wabah K-pop sudah 'meracuni' Indonesia... hmmm aliran musik, dance, hingga personel nya yang unyu-unyu menjadi daya tarik tersendiri. Kali ini aku bakal bahas boyband JYJ (from DBSK)... mungkin para remaja Indonesia kebanyakan lebih mengenal SuJu atau Big Bang... tapi sebenarnya DBSK atau Dong Bang Shin Ki adalah boyband yang lebih dulu debut di Negeri Ginseng itu. 

DBSK dengan 5 member yang mempunyai karakter unik Yunho (leader) , Jaejoong, Yoochun, Junsu, dan Changmin, DBSK adalah boyband dengan fanclub terbesar dan sangat terkenal di Asia, mereka memulai official debutnya sekitar tahun 2004... Singkat cerita setelah meraih kesuksesan dan saat berada di puncak kesuksesan mereka pada tahun 2009, 3 member Junsu, Jaejoong, dan Yoochun mengajukan lawsuit ke pengadilan untuk terminasi kontrak selama 13 th bersama SMEnt (company dimana SuJu, SNSD dll bernaung), yang artinya mereka siap meninggalkan company yang membesarkan nama mereka. Banyak spekulasi beredar sehubungan dengan tindakan mereka tersebut, fanwar pun terjadi, sebagian fans mendukung aksi mereka bertiga, sedangkan fans yang lainnya ingin mereka tinggal sebagai DBSK. Setelah beberapa lama, akhirnya ketiga member tersebut resmi keluar dari SM Ent dan membentuk trio dengan initial nama mereka JYJ (Jaejoong, Yoochun, Junsu).

Aku sendiri mulai mengidolakan JYJ sejak tahun lalu, dan mulai terinspirasi oleh kerja keras, bakat dan cheerful charm yang mereka punya, selain tentu saja aku menikmati musik yang memang 80% mereka ciptakan sendiri. Diantara mereka bertiga aku nge'fans banget sama Junsu... jatuh cinta sama beautiful yet romantic voice of him. Sejak resmi keluar dari SM Ent mereka menghadapi masalah mengenai kesempatan broadcast atau tampil di tv nasional untuk mempromosikan album maupun lagu mereka. Dari keadaan yang mereka hadapi dan kesuksesan yang tetap mereka raih ditengah masalah yang mereka hadapi, aku belajar banyak hal. Di dunia ini, dalam kehidupan kita sendiri, kita berhak menentukan masa depan kita dengan keputusan kita sendiri, bahwa hidup memang sebuah pilihan, walaupun untuk mewujudkan atau menjalani pilihan kita sendiri tidak sepenuhnya mudah dan seringkali melewati banyak rintangan. 

Melihat bakat yang dimiliki oleh member JYJ, aku jadi semakin yakin bahwa orang yang mempunyai bakat tapi terkekang dan selalu dituntut untuk melakukan hal yang tidak sepenuhnya mereka sukai, maka orang-orang berbakat itu akan berontak keluar dari kotak yang mengekang mereka, dan pada akhirnya mampu berdiri di atas kaki mereka sendiri, melakukan hal-hal yang mereka sukai dengan penuh kebebasan, rasa nyaman dan kepuasan yang tidak bisa ditukar dengan uang. Masing-masing member JYJ mempunyai kegiatan solo dan mereka bisa membuktikan bahwa mereka memang berbakat. Junsu misalnya, dia berhasil menjadi penyanyi Korea Selatan pertama yang menggelar Solo Concert di USA, Amerika Selatan, dan Eropa. Dari pada idola aku lebih suka menyebut mereka sebagai musisi, dengan bakat yang mereka miliki, mereka berhasil membuat musik dengan warna yang berbeda, dengan konsep yang bebas mereka tentukan sendiri. 

ya JYJ adalah contoh orang-orang yang berani, berani mengambil dan menjalani 'path' yang mereka pilih sendiri walaupun dengan pilihan tersebut mereka mengalami masa-masa sulit, akan tetapi mereka bisa meraih kesuksesan dengan cara mereka sendiri dan terus berusaha untuk bekerja lebih keras demi mendapatkan hasil yang lebih baik. Waloupun saat ini JYJ masih menjadi boyband yang 'dikucilkan' di negeri mereka sendiri, JYJ juga merupakan boyband yang sukses across Asia dan kini mulai menapaki kesuksesan mereka ke Eropa dan Amerika.

Maka, jangan pernah takut untuk membuat pilihan-pilihan sendiri dalam kehidupan kita, ketika kita merasa apa yang kita lakukan, hal yang kita pilih adalah hal yang baik untuk kita dan tidak merugikan orang lain, jalanlah terus, ada kalanya kita harus menutup mata dan telinga kita dari pendapat orang lain yang sekiranya dapat menghambat kita untuk melangkah maju.