Wednesday 16 February 2011

Learning English with my Students

Mau bagi-bagi sedikit cerita dan pengalaman aja.... sebenernya dari dulu saya gak pernah berniat untuk mengajar..walaupun saya memang mengambil jurusan sastra Inggris saat kuliah...awalnya saat lulus kuliah dan menunggu waktu wisuda, saya ditawari untuk mengajar, sambil nunggu waktu wisuda yang memang cukup lama sekitar 2 bulan, saya mencoba untuk mengajar, selain mengisi waktu luang juga dapet income yang cukup lumayan...ya dari pada nganggur kan.... 

Pertengahan Oktober 2010 saya mulai mengajar di sebuh lembaga kursus bahasa asing di Sukabumi, awalnya agak aneh juga sih soalnya pengalaman ngajar pun masih minim, sebelumnya hanya punya pengalaman mengajar saat kuliah yang biasa disebut PPL di sebuah SMPN. Gak disangka setelah beberapa lama mengajar, saya menemukan keasyikan tersendiri, bertemu dengan anak-anak dari SD hingga SMA yang selalu ceria saat belajar bahasa Inggris bersama saya.... :) 

Saat mengajar saya merasa sangat enjoy dan terbawa ceria oleh murid-murid... (yahh mungkin bawaaan juga sihh yaaa emang saya orang nya cheerful :p heheheh) nah hingga saat ini saya masih mengajar di tempat kursus tersebut, setelah beberapa lama saya menemukan suatu manfaat yang berbeda dari pekerjaan yang lain.

Ketika  kita bisa membagi ilmu kita dengan orang lain, selain merupakan ibadah untuk kita, kita juga akan merasa bahagia dan ilmu kita dengan sendirinya akan bertambah pula. Kita juga akan mempunyai pengalaman berhadapan dengan orang-orang yang memiliki sifat beragam, murid yang saya ajar tentu saja memiliki sifat yang berbeda-beda dan itu menjadi tantangan tersendiri untuk saya dalam menghadapi beragam sifat mereka agar proses belajar menjadi tetap menyenangkan.

Yang saya lakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan memposisikan diri kita tidak sebagai guru, melainkan sebagai teman bekajar mereka. Di kelas, saya berusaha bersikap sangat supel, ramah, dan ceria, ternyata mereka menyukainya dan terus ingin belajar walaupun waktu belajar sudah selesai, hal ini memotivasi saya untuk membuat suasana belajar semakin menyenangkan. Hal yang saya lakukan adalah memberikan mereka game di awal atau di akhir proses belajar yang membuat reflek mereka akan penguasaan bahasa inggris semakin terasah, tentunya game yang diberikan disesuaikan dengan level mereka masing-masing. Saat belajar bahasa Inggris, mereka harus selalu merasa aktif agar tetap semangat. Biasanya mereka sangat menyukai aktivitas ini, bahkan mereka selalu meminta bermain game saat saya mengajar.

Tantangannya tentu saja, games yang akan diberikan pada mereka haruslah games yang berbeda dari yang sebelumnya. Cukup sulit juga karena kita dituntut untuk lebih kreatif, tapi ternyata sangat menyenangkan... jadi untuk kalian yang punya kepribadian ceria dan supel serta menguasai bahasa inggris, tidak ada salahnya mencoba untuk mengajar, karena kita akan mendapatkan manfaat yang baik dan menyenangkan... (bisa bikin kita awet muda juga lohh, hhehhe :D )





2 comments:

Anonymous said...

Jast wanna sai its e nais artikel, mem....

Trianita Cahyarani said...

ohhh thank you.. sorry or the late reply...

Post a Comment